Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut Adakan Pengajian Qabla Ramadhan

Drs. H. Haetami.AM,M.Pd.  (Foto:SB)

Drs. H. Haetami.AM,M.Pd. (Foto:SB)

susibudiani – (Garut, 23/6)

Bulan Ramadhan sudah dekat, PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Garut senantiasa selenggarakan silaturahim dengan para anggota dan simpatisannya.

Biasanya berupa pengajian akbar, dihadiri ortom-ortom, ‘Aisyiyah, Nasyi’ah, Pemuda Muhammadiyah, IPM, AMM, Tapak Suci, HW dll.

Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Al Ikhwan Jalan Pembangunan terletak di samping sekretariat PDM.

Prof. DR. Yunahar, MA.  tengah menyampaikan ceramah agama di Masjid Al Ikhwan. (Foto:SB)

Prof. DR. Yunahar, MA. tengah menyampaikan ceramah agama di Masjid Al Ikhwan. (Foto:SB)

Karena kita akan menyambut bulan suci Ramadhan maka akan diterangkan berkaitan wujudul hilal, sambil menunggu tamu undangan dari PP Muhammadiyah datang, ” ujar KH Haetami Ketua Umum PDM Garut.

Katanya ada dua kriteria wujudul hilal yang harus tepat, yaitu menentukan dimana batas tanggal, untuk Hijriyah itu ketika maghrib, atau matahari sudah terbenam, seluruh lingkaran matahari sudah tak tampak.

Selain itu harus diperhitungkan dengan berbagai hal yang mempengaruhi penglihatan.

Misalnya ketika kita melihat ikan dalam air, nampak objek seperti lurus dengan pandangan kita, namun ketika dibidik ikan tersebut ternyata tidak kena tembakan, papar dia.

Warga Muhammadiyah dan 'Aisyiyah antsian mengikuti pengajian Qabla Ramadhan digagas PDM Garut. (Foto:SB)

Warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah antsian mengikuti pengajian Qabla Ramadhan digagas PDM Garut. (Foto:SB)

Di sana terjadi pembiasan cahaya, akhirnya penglihatan kita terkecoh.

Yang kedua harus ijtima bersama-sama, matahari dan bulan berada pada satu garis eklipstika dengan bumi, terjadi sebelum matahari terbenam,” beber Pak Kiyai.

Kedua kriteria ini kudu terpenuhi untuk wujudul hilal.

Saat matahari terbenam (maghrib) bulan belum terbenam, masih ada di atas ufuk disebut irtifa (tinggi hilal), maka disebut hilal sudah di atas ufuk, artinya hilal sudah wujud, ungkapnya.

Secara internasional disebut ILDL (Internasional Lunar Date Line) atawa istilah Muhammadiyah Garis Batas Wujudul Hilal.

Sabda Rasul : “Puasalah bila kamu melihat bulan, dan berbukalah jika bulan itu tertutup atasmu, maka sempurnakanlah bilangan Sya’ban menjadi 30 hari”, terang Haetami.

Kita ini termasuk orang yang tak mampu membaca, jika hanya membaca biasa itu lumrah, tapi membaca hilal (Ilmu Falaq) tak semua bisa,” ungkap Prof. DR Yunahar Ilyas MA Ketua PP Muhammadiyah.

Prof. DR. Yunahar Ilyas, MA.  (Foto:SB)

Prof. DR. Yunahar Ilyas, MA. (Foto:SB)

Namun cara menentukan awal bulan itu bukan merupakan ibadah, hal ini bisa berubah dan berkembang, silakan saja karena waktu shalatpun bisa berubah, ujarnya.

Jangan sekali-kali menyalahkan perbedaan dalam penentuan dimulainya puasa maupun Shalat ‘Ied, yang pasti mulai puasa pada tanggal satu Ramadhan dan shalat ‘ied pada satu Syawal, ” ungkap dia pada kesempatan Pengajian Qabla Ramadhan digagas PDM Garut tadi pagi.

Dia juga menambahkan bahwa urusan keagamaan tidak ada unsur politiknya, maka dalam menentukan awal bulanpun lebih baik dilakukan pendekatan secara agama.

Bukan Muhammadiyah keras kepala tidak patuh pada Ulil Amri, tapi Ulil Amri mana dulu, kilahnya, jika mau jadi Ulil Amri mesti keseluruhan, hukumnya hukum Islam yakni Al Quran dan Al Hadist, pencuri dipotong tangan, pezina dirajam atau dicambuk.

PDM 5

Makanya, sambung dia, kita butuh ilmu dan keterampilan untuk berdebat, tapi jangan layani debat kusir dengan serius, jawab juga dengan ngawur.

Menyambut Ramadhan ini siapkan diri kita sepenuhnya dengan gembira dan bahagia.

Kata Muhammad, andai ummatku tahu bagaimana indahnya bulan Ramadhan maka akan berharap semua bulan menjadi bulan Ramadhan,” demikian Prof Yunahar Ilyas.

***** (SB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s